(+62)81 944 80 5000 | Rahasia Mengatasi Ketakutan saat Presentasi Power Point



Banyak orang merasa tidak sanggup saat diminta untuk berbicara di depan atau melakukan presentasi. Dalam bisnis, pada dasarnya penting bagi Anda untuk bisa menyampaikan maksud Anda. Pada akhirnya kita semua suatu hari harus berbicara di depan umum. Entah kita memberikan presentasi formal kepada audiens, atau hanya meminta atasan kita untuk promosi, kemampuan berbicara sangat penting untuk maju dalam lingkungan profesional.

Rasa takut berbicara di depan umum sangat nyata. Banyak orang yang menolak maju hanya karena rasa takut. Namun, ada teknik untuk membantu mengatasi ketakutan Anda. Bahkan ada cara untuk membantu memanfaatkan energi Anda dengan cara yang positif.


1) Teratur

Bila Anda mengatur semua pemikiran dan materi Anda, ini membantu Anda untuk menjadi lebih santai dan tenang. Bila Anda memiliki pikiran yang jelas dan teratur, ini bisa sangat mengurangi kecemasan berbicara Anda karena Anda dapat lebih fokus pada satu hal yang ada, memberikan sebuah pidato yang bagus.

2) Peduli

McFarland, yang meninggal pada tahun 1985, juga dikenal sebagai "Dekan Pembicara Publik Amerika", dan dalam bukunya, dia sama sekali tidak membicarakan metodologi atau teknik.
Pesan utamanya, yang sangat mempengaruhi saya saat saya mulai berbicara di depan umum, adalah bahwa kunci kefasihan adalah komponen emosional yang dibawa pembicara ke subjek.

Dengan kata lain, titik awal menjadi pembicara yang hebat adalah Anda benar-benar peduli dengan subjek Anda.

 3) Hilangkan Ketakutan Akan Penolakan

"Bagaimana jika audiens saya membenci pidato saya? Bagaimana jika mereka membuatku malas? "Cobalah menghilangkan semua ketakutanmu untuk ditolak. Penonton ada di sana untuk mendengarkan Anda karena sebuah alasan.

4) Fokus pada Pola

Saat Anda berbicara cobalah masuk ke irama atau aliran. Jaga agar kalimat Anda pendek dan to the point dan ulangi poin kunci. Jeda singkat di antara poin bisa menambah antisipasi terhadap apa yang akan Anda katakan selanjutnya.

5) Kenali 100 Kata Untuk Setiap Kata yang Anda Bicarakan

Ernest Hemingway menulis bahwa "Agar bisa menulis dengan baik, Anda harus tahu 10 kata tentang subjek untuk setiap kata yang Anda tulis. Jika tidak, pembaca akan tahu bahwa tulisan ini tidak benar. "
Saya pribadi merasa bahwa, dalam berbicara, Anda harus tahu 100 kata untuk setiap kata yang Anda ucapkan. Jika tidak, audiens Anda akan memiliki perasaan bahwa Anda tidak benar-benar tahu apa yang Anda bicarakan.

6) Catat Diri Anda dan Pelajari Suara Anda

Rekam ucapan Anda di telepon atau kamera video Anda. Rekam saat Anda memberi ceramah dari awal sampai akhir. Kemudian dengarkan atau tonton, dan buat catatan bagaimana Anda bisa membuatnya lebih baik. Beberapa orang tidak suka mendengar suara rekaman mereka, jadi penting bagi Anda untuk terbiasa dengan suara dan gaya bicara Anda sendiri.

7) Hindari Berbicara Terlalu Cepat

Berbicara dengan cepat saat presentasi mengganggu pola pernapasan Anda. Jika Anda berbicara terlalu cepat Anda akan bernafas lebih sedikit. Merasa sesak napas akan membuat Anda panik dan lebih rentan terhadap rasa takut. Berlatihlah melambat saat berbicara, dan Anda akan lebih tenang dan rileks.

8) Jadikan Energi Nervous Anda Bekerja untuk Anda

Belajar menyalurkan energi gugup ke energi positif. Menjadi gugup adalah bentuk adrenalin. Anda dapat menggunakannya dengan cara yang positif untuk membantu memberikan presentasi yang berapi-api selama Anda berbicara di depan umum.

9) Berikan Pidato Anda kepada Orang Lain

Ada banyak orang yang bisa Anda praktikkan. Anda bisa mempraktikkan presentasi atau pidato Anda pada teman Anda, orang tua Anda, atau saudara Anda. Pastikan untuk memberitahu orang tersebut untuk benar-benar jujur ​​dengan Anda dalam kritik mereka.

Berbicara langsung dengan orang lain akan membantu menenangkan Anda dan memberi Anda pengalaman dengan mendapatkan umpan balik dari seseorang. Jika mereka memiliki pertanyaan tentang pidato Anda, kemungkinan anggota audiens akan memiliki pertanyaan yang sama.

10) Memiliki Kebanggaan dalam Pekerjaan Anda & Kenali Kesuksesan Anda

Kritikus terkuat Anda adalah Anda. Saat Anda menyelesaikan pidato atau menyampaikan presentasi, berikan tepukan tangan Anda ke belakang. Anda telah mengatasi ketakutan Anda dan Anda melakukannya. Memiliki kebanggaan pada diri sendiri.

11) Manfaatkan Jeda Ucapan yang Kuat

Jeda pidato yang kuat mungkin merupakan teknik berbicara terpenting yang pernah Anda pelajari. Tidak hanya akan membantu Anda mengatasi ketakutan Anda berbicara di depan umum, tapi ini akan membantu Anda menguasai kendali Anda atas dampak emosional dari pidato Anda.

Dalam musik, semua keindahan terkandung dalam keheningan di antara catatan. Dalam berbicara, drama dan kekuatan pidato terkandung dalam keheningan yang Anda ciptakan saat Anda berpindah dari satu titik ke titik lainnya.

Ini adalah seni yang bisa Anda pelajari dengan latihan.



Itu tadi adalah 11 rahasia bagaimana agar anda dapat menghilangkan rasa gugup anda. Semoga dengan anda mengetahui rahasia ini, presentasi anda berubah menjadi sangat memukau dan dikenang oleh audiens Anda.
Baca juga artikel saya tentang Persiapan Presenter Profesional saat Presentasi Power Point, Anda akan mendapatkan tips bagaimana presenter profesional mempersiapkan diri sebelum memulai pekerjaannya.


Sumber: briantracy.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar