(+62)81 944 80 5000 | Presentasi Power Point yang Baik



Pernahkah anda mengalami kejadian dimana tidak ada yang memperhatikan anda saat presentasi? Mungkin dari sekian banyak orang, hanya beberapa saja yang memperhatikan presentasi anda. Bahkan yang lebih parah lagi, orang mulai jenuh dan satu persatu meninggalkan ruangan presentasi anda. Ini adalah tanda bahwa presentasi anda kurang menarik. Kenapa kita harus membuat presentasi yang menarik? Saat ini setiap orang selalu dituntut memberi contoh presentasi. Bahkan anak sekolah pun saat ini telah dituntut untuk dapat menghadirkan contoh presentasi singkat di sela pembelajaran. Mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga di perguruan tinggi. Lebih dari itu, mereka yang telah terjun ke dunia pekerjaan terutama terkait dengan bekerja dalam team, pasti sudah biasa menyediakan persiapan contoh materi presentasi dalam waktu singkat. Orang-orang ini pun tahu seberapa besar pengaruh keberhasilan ‘deal’ dengan rekan kerja lewat kualitas template presentasi power point keren dan berbagai faktor turut mendukung keberhasilan presentasi.Perhatikanlah faktor-faktor berikut ini:

MAN


Anda tidak bisa mengelak bahwa faktor manusia sangat berpengaruh pada hasil presentasi. Berbicara tentang manusia dalam presentasi, artinya Anda harus memiliki gaya khas dalam membawakan contoh presentasi. Simaklah bagaimana para CEO besar atau para public speaker menunjukkan bahasa tubuh mereka demi menguasai audiens di dalam ruangan. Anda dapat menemukan contoh cara presentasi yang banyak bertebaran di youtube, atau untuk lebih mudah Anda juga dapat belajar dari tips yang kami share di facebook
Bagaimanapun kumpulan tema presentasi menarik yang sudah Anda susun dengan matang, Anda tidak akan mendapatkan tujuan presentasi bila belum menguasai audiens. Penguasaan ini dianggap lebih penting daripada apa yang sudah Anda siapkan di layar. Hal ini berlaku mutlak untuk materi presentasi motivasi. Biasanya audiens akan lebih tertarik memandang pembicara daripada layar maupun background. Begitu pula dengan simulasi. Layar hanya digunakan ketika perlu ditampilkan data-data, video atau contoh gambar yang memang akan lebih menarik emosi bila dilihat secara visual, bukan diceritakan saja.

ALAT PERAGA

Biasanya Anda akan memerlukan banyak alat peraga, bukan hanya teori. Teori bisa dipelajari lewat buku yang hanya perlu meluangkan waktu untuk membaca lalu ilmu bisa didapatkan. Namun dalam prakteknya, akan banyak kejadian yang kurang sesuai dengan isi buku. Oleh karena itu sudah saatnya kehadiran Anda sewaktu presentasi sebagai jawaban atas pertanyaan-pertanyaan audiens.
Sebenarnya untuk materi berbau formal, Anda memiliki etika dalam presentasi. Tapi jangan sampai keformalan ini membatasi Anda dalam upaya menyelesaikan permasalahan audiens. Katakanlah Anda sekarang harus memberi contoh presentasi dengan tema “Menciptakan suasana belajar menyenangkan di kelas.” Tema-tema seperti ini kurang bermanfaat bila hanya dibahas lewat teori saja. Bagaimana audiens percaya apa yang Anda katakan sudah terbukti menciptakan suasana kelas menyenangkan kalau pada saat presentasi saja sudah membosankan. Audiens tentu bingung ketika praktek, apakah ada yang salah atau tidak dari teori dan petunjuk. “Mengapa hasilnya kurang sesuai dengan apa yang dipresentasikan kemarin?”
Nah, pertanyaan di atas hanya dapat dijawab jika ada alat peraganya. Tidak harus berupa barang. Bila memang yang dimaksudkan adalah metode, coba Anda simulasi contoh presentasi pada saat menyampaikan materi. Menyanyilah dengan ekspresi lucu, suruhlah audiens bermain sebagaimana Anda membentuk kelas menyenangkan seperti yang Anda ceritakan. Dengan begitu audiens akan lebih terpikat kepada penyampaiannya Anda, dan slide presentasi tidak numpang lewat saja. Bagaimanapun pula manusia lebih mudah mengingat cerita atau kejadian daripada data dan paragraf.

PELENGKAP

Menyempurnakan sebuah presentasi dengan menghadirkan seorang pemandu dalam acara di mana Anda bertindak sebagai pembicaranya akan memberi kesan profesional. Mintalah bantuan orang lain untuk menjadi host sebelum Anda menyampaikan materi. Hal ini sangat penting. Kontes menyanyi saja memiliki host andalan, bagaimana mungkin Anda melupakan pentingnya peran mereka dalam berpresentasi? Host dan operator slide pula yang akan bertugas menjelaskan riwayat hidup Anda sebagai pembicara berpengalaman sebelum menyampaikan materi. Mereka akan menunjukkan beberapa slide yang mungkin berisi foto dan video kegiatan sehari-hari pembicara.

Ketiga faktor di atas menjadi faktor pendukung yang sangat baik dalam keberhasilan presentasi. Lebih baik lagi bila Anda mampu menghadirkan alat peraga atau barang yang memang harus dipraktekkan. Namun, mengingat lagi kepentingan presentasi untuk menyampaikan ide, maka Anda bisa memfoto barang peraga untuk kemudian ditampilkan pada layar.
Mungkin bagi sebagian orang, tidak mudah menghadirkan materi presentasi yang menarik. Kegagalan mereka bisa dilihat dari kurang responnya audiens saat penyampaian presentasi. Bukan karena pemateri yang kurang memiliki attitude atau tidak sedap dipandang, namun urutan dan materi presentasi memang sudah basi. Beberapa orang yang mengalami kesulitan menyampaikan ide di kepala ke beberapa slide menarik seharusnya langsung menghubungi orang lain untuk meminta bantuan. Apalah guna ide cemerlang bila tidak ditangkap target audiensnya? Sebab inilah beberapa perusahaan hadir sebagai sahabat menuangkan ide agar siap dipresentasikan secara runtut, menarik, unik dan pastinya mudah dipahami. Jika Anda merasa kesulitan menyuarakan ide di kepala agar membuat audiens diam menyimak penyampaiannya Anda, silahkan saja minta bantuan mereka. Semoga presentasinya berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar