(+62)81 944 80 5000 | 4 Rahasia dalam Presentasi Power Point



Pernahkan anda merasa bingung dengan para pembicara yang selalu tampil di seminar besar atau TV, bagaimana mereka bisa lancar dan rapih saat berbicara? Bagaimana bisa mereka tampil dengan sangat memukau?. 
Banyak sekali orang, termasuk anda sudah pernah melakukan presentasi. Entah itu di pekerjaan, atau di masa sekolah. Hanya beberapa orang saja yang mengatakan puas dengan presentasinya. Lantas apa yang membuat presentasi menjadi BAGUS? Banyak orang sudah melakukan presentasi, dari presentasi biasa hingga presentasi yang memukau. Tapi apa yang membuat presentasi menjadi BAGUS? Apakah itu disainnya? Kontennya? Strukturnya? atau Pembicaranya?

Dalam sebuah presentasi yang bagus, dibutuhkan 4 elemen kunci besar. Hanya memiliki satu, dua atau bahkan tiga elemen ini sudah bagus, tapi untuk presentasi yang ingin menjadi BESAR Anda memerlukan 4 elemen kunci.

4 Kunci BESAR Presentasi

1.Konten yang Tepat:

Setiap presentasi perlu dimulai dengan konten yang tepat.

Pertama, punya pesan yang jelas. Pastikan Anda tahu apa yang ingin Anda katakan, apakah ini meyakinkan prospek penjualan dari nilai produk atau layanan Anda.

Kedua, dukung pesan Anda dengan fakta. Fakta bisa berupa data, hasil survey, testimonial, foto atau pengalaman pribadi. Mendukung pesan Anda memberi Anda kredibilitas dan melibatkan penonton pada tingkat yang lebih dalam.

Ketiga, kurasi konten Anda. Pastikan Anda hanya menggunakan apa yang Anda butuhkan, apa yang relevan dan apa yang dapat Anda dukung. Terlalu banyak informasi lebih buruk daripada terlalu sedikit. Lebih baik melibatkan audiens Anda dan membiarkan mereka mengajukan pertanyaan daripada membebani mereka dengan informasi yang terlalu banyak. Jika Anda memiliki banyak data, pilih yang paling menarik atau paling relevan. Jika Anda memiliki cerita pribadi yang hebat, turunilah hal-hal penting sehingga Anda dapat menceritakannya secara ringkas.

2.Desain yang Tepat:

Semuanya dirancang untuk kejelasan dan konsistensi.

Dengan desain presentasi, seringkali ada kebingungan antara disain cantik dan desain yang efektif. Sementara desain yang indah, tidak penting untuk presentasi yang bagus. Desain yang efektif sangat penting. Desain yang efektif membuat konten Anda menjadi jelas, mengarahkan audiens disepanjang jalur argumen atau cerita anda.

Desain yang efektif terlihat hebat, namun Anda tidak perlu menjadi seniman untuk membuatnya. Anda hanya perlu memiliki gagasan yang jelas tentang pesan Anda, audiens dan cara penyampaian Anda.

Sama seperti konten, Anda perlu untuk kurasi visual Anda. Terlalu banyak informasi visual sama buruknya dengan terlalu banyak data atau cerita yang terus berlanjut. Hilangkan elemen visual yang tidak memperkuat pesan Anda.

3.Struktur yang Tepat:

Semuanya ada pada tempatnya, baik dalam presentasi maupun di luar.

Presentasi adalah cerita yang diceritakan pada waktunya, karena mereka perlu memiliki awal, menengah dan akhir. Semua tertata dalam sebuah struktur, namun struktur naratif yang begitu kompleks tidak diperlukan. Cukup sampaikan dengan jelas premis, janji atau masalah yang menjadi inti pesan Anda dan kemudian jelaskan. Lalu berikan pendapat atau solusi anda, hal ini sangat penting dalam struktur presentasi.

Struktur presentasi, tidak seperti dokumen atau interaksi lain. Struktur presentasi perlu disusun sesuai dengan audiens. presentasi yang bagus ditargetkan untuk para pendengarnya, baik dari sisi pesan maupun konten. Apakah narasi berbicara sesuai dengan pengalaman audiens? Apakah ajakan bertindak sesuai dengan kebutuhan audiens?  

4.Penyampaian yang Tepat:

Keterampilan presentasi diperlukan bagi siapa saja yang berencana untuk mencari nafkah dari presentasi atau yang bisnisnya bergantung pada pemberian presentasi yang efektif. Tapi sama pentingnya dengan Presenter Keterampilan adalah platform dan teknologi yang Anda gunakan untuk menyampaikan presentasi Anda. Alat yang Anda gunakan untuk menyampaikan presentasi Anda adalah salah satu elemen presentasi yang paling diabaikan. Sama seperti konten, desain dan struktur Anda harus sesuai dengan situasi dan audiens anda, bagaimana Anda menyampaikan presentasi Anda. Seringkali orang memilih alat presentasi yang paling mereka kenal atau kebetulan ada di sana (seringkali PowerPoint). 


Inilah 4 Kunci BESAR Presentasi. Jika Anda hanya memiliki konten hebat, Anda memiliki spreadsheet yang bagus, namun Anda tidak memiliki presentasi. Jika Anda hanya memiliki desain yang bagus, Anda memiliki beberapa seni yang bagus, tapi Anda tidak memiliki presentasi.Menempatkan semuanya adalah apa yang menjadikannya sebuah presentasi.

Dengan semua informasi bagus di luar sana, dan alat presentasi yang semakin canggih, setiap orang harus bisa memiliki presentasi yang bagus. Dan kerangka kerja 4 kunci besar ini akan membantu membuat tujuan itu sedikit lebih mudah dipahami dan dicapai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar