(+62)81 944 80 5000 | Penghambat Presentasi Power Point Anda



Pernahkah Anda mendapat masalah saat melakukan presentasi? Masalah yang muncul itu akan menghambat Anda untuk berkembang. Diartikel ini saya akan membeberkan 3 masalah yang sering timbul saat melakukan presentasi. Tujuannya adalah agar Anda mengenali setiap masalah tersebut dan mencari tahu solusi apa yang bisa digunakan. Karena pada akhirnya setiap orang diharuskan memiliki skill berbicara yang baik. Terlebih lagi bila Anda bekerja dipekerjaan yang sangat membutuhkan keterampilan berbicara.

Berikut adalah 3 masalah yang selalu timbul saat akan atau saat presentasi, seorang profesionalpun pasti pernah mengalami hal yang sama.

1: Takut

Takut, stres dan gugup. Inilah masalah yang paling banyak kita hadapi saat berbicara di depan umum.

Ini bukan kecemasan yang parah, ini bukan stres berat. Ini hanya kegugupan alami yang kita dapatkan dan ketakutan alami yang kita miliki saat kita akan berbicara di depan umum.

Gejala seperti telapak tangan berkeringat, pikiran berpacu, jantung Anda berdetak sedikit lebih cepat atau kadang kaki Anda sedikit goyah. Ini adalah tanda alami Anda merasa gugup sebelum presentasi.

Tidak enak rasanya memberi presentasi, apalagi kalau itu yang penting.

2: Insomnia

Umumnya, ini terjadi dimalam sebelum Anda tampil memberikan presentasi dan apa yang terjadi adalah pikiran Anda berpacu memikirkan presentasi Anda.

Karena pikiran Anda terpacu untuk memikirkan kemungkinan besok, jadinya Anda tidak bisa tidur. Ini adalah faktor yang sangat umum terkait dengan berbicara di depan umum.

3: Serangan Panik

Ini yang saya percaya lebih parah lagi yaitu panik. Mereka mengatakan bahwa ada sekitar 15-35% orang akan mengalami serangan panik kapanpun dalam kehidupan.

Serangan panik seperti kecemasan yang kuat - sesak napas dan mual adalah gejala yang umum.

Anda mungkin pernah mendengar tentang orang muntah sebelum mereka memberikan pidato, yang bisa termasuk gejala dari serangan panik.

Serangan panik terkadang digambarkan sebagai kecemasan dengan ketakutan besar. Terkadang dengan serangan panik orang menjadi takut akan kecemasan mereka dan oleh karena itu mereka mulai merasa gelisah tentang apa yang akan mereka alami di masa depan, atau kegelisahan yang mereka hadapi saat ini.



Dengan mengetahui 3 poin masalah tadi diharapkan dapat membantu Anda mengantisipasi dan membuat solusi atas masalah yang akan atau sedang terjadi pada Anda saat presentasi.  Jika Anda merasa kurang dengan informasi yang saya bagikan ini Anda juga bisa membaca artikel saya tentang Alasan Orang Ragu untuk Presentasi Power Point, disana Anda akan mendapat informasi apa saja faktor yang membuat orang ragu untuk tampil berbicara didepan publik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar